Kesehatan

Analisis Dari Makalah Tentang Kesehatan Mental Remaja

Makalah tentang kesehatan mental remaja adalah salah satu bacaan yang sangat menarik. Berbeda dengan kebanyak makalah yang membahas secara umum meskipun dalam ruang lingkup kesehatan. Banyak makalah yang memaparkan bagaimana caranya untuk hidup sehat dengan pola makan dan gaya hidup yang seimbang. Atau memaparkan beberapa penyakit berbahaya yang sedang atau tengah mengancam hidup seseorang. Namun dari sekian banyak pembahasan hanya sedikit saja yang membahas mengenai jiwa remaja. Contoh kecilnya adalah apa yang dialami dalam mental remaja setelah memasuki masa transisi yang banyak orang percaya bahwa masa inilah yang menentukan masa depan dari seseorang. Masa remaja menjadi kunci utama bagaimana nantinya mereka akan terbentuk menjadi orang dewasa yang memiliki kualitas untuk bergaul dalam masyarakat.

Maka dari itulah dibutuhkannya sebuah pembahasan dalam bentuk makalah tentang kesehatan mental remaja. Ini terasa sangat penting karena hampir sekitar separuh penduduk di Indonesia adalah mereka yang mendekati atau telah berada pada masa remaja. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, masa remaja adalah masa transisi yang menentukan kehidupan seseorang dalam berbagai hal. Dari kematangan berpikir, kepribadian, hingga jiwa komunalnya. Jika sejak dini mereka dibekali pengetahuan mengenai mental maka setidaknya kita telah membantu mengurangi masalah kesehatan mental. Permasalah yang pelik ini akan sangat merepot jika kita melihat jumlahnya yang besar di Indonesia. Makalah atau ulasan ini akan sangat membantu bukan hanya kepada remaja tapi kepada masyarakat juga bagaimana gejala yang ditimbulkan bagi remaja yang mentalnya tidak sehat. Masyarakat juga akan faham bagaimana cara menangani remaja yang demikian dengan membaca beberapa ulasan tentang kesehatan mental remaja.

Dari sini kita telah mengetahui pentinya makalah tentang kesehatan mental remaja dalam keseharian. Ini bisa dipakai sebagai pengetahuan baru yang bisa diberikan pada masyrakat awam yang tidak memahami unsur psikologis manusia. Siklus manusia dari lahir menjadi anak-anak kemudian remaja, selanjutnya menjadi orang dewasa dan akhirnya menjadi tua ditentukan pada masa remaja. Memang benar ungkapan lebih baik telat nikah dari pada telat nakal yang diungkapkan beberapa orang. Namun akan lebih baik jika sifat nakal tidak muncul pada diri remaja.